Kamis, 14 November 2013

Jump Break! Hadiah Ulang Tahun Blogger

Mungkin seharusnya kita tidak perlu menunggu sampai sepuluh tahun untuk mendapatkan pertolongan kecil pemenggal paragraf untuk tulisan kita di halaman posting blog. Istilah yang kita kenal dengan read-more (kata yang sebenarnya tidak tepat) untuk memotong paragraf tulisan kita menjadi dua bagian yang dengannya kita akan dapatkan bagian cuplikan(snippet) tulisan muncul sebagai pengantar menuju tulisan keseluruhan. Jika kawan-kawan pengguna Wordpress sudah bisa menikmatinya sejak awal, bayangkan betapa kawan-kawan pengguna Blogger/Blogspot akan terharu jika baru sekarang mereka bisa menikmatinya. :)

1. What Is?
Apa yang pernah disampaikan Blogger sebelumnya bahwa mereka akan menerima impuls kritik dan saran dari penggunanya sudah sedikitnya terpenuhi. Kemampuan mencuplik tulisan yang selama ini hanya mengandalkan kejelian coder/scriptwriter yang memanfaatkan segala yang ada untuk mewujudkan hal ini sepertinya sudah dicukupkan oleh Blogger dengan melahirkan fitur baru yang mereka sebut dengan Jump Break! sebagai Hadiah atas Ulang Tahun Blogger yang ke-10. Tanpa perlu berpusing-pusing tentang apa maksud Jump Break!, kita telah dengan sederhana menyebutnya dengan "read-more" karena dengannya, maka tulisan yang ditampilkan di halaman depan Blog adalah cuplikan dari tulisan keseluruhan yang disertai link (read more..) dibawah tulisan tersebut yang akan membawa kita ke tulisan seluruhnya.

2. How To?
Untuk menggunakannya bisa dengan langsung menikmatinya di barisan editor tool di Blogger Draft atau jika kawan-kawan login dengan Blogger Dashboard biasa maka fasilitas ini bisa kita dapatkan dengan mengaktifkannys terlebih dahulu di bagian bawah halaman Setting >> Basic di Dashboard kita masing-masing dengan memilih "Updated editor".


Maka kemudian kita akan disuguhi dengan editor baru yang juga memuat fasilitas (tombol) baru Jump Break! di bagian paling kanan untuk memenggal tulisan kita.


Untuk kawan-kawan yang terbiasa menggunakan Modus "Edit Html" untuk menulis (bukan Modus "Compose"), maka cukup dengan menambahkan kode berikut tepat di tempat dimana tulisan kawan-kawan harus dipotong.
<!-- more -->


Untuk mengganti kata "read more.." menjadi "Baca selanjutnya.." atau yang lainnya, kawan-kawan bisa mengubahnya di halaman Layout lalu Editlah Widget Blog Posts



3. And Then What..?
Lalu.. Ya, lalu apa yang harus dilakukan sekarang?. Mungkin inilah saat untuk kembali membenahi posting-posting yang telah lalu supaya tampilan blog kita (utamanya Halaman Utama) akan terlihat lebih rapi. Terutama untuk kawan-kawan (terutama saya sendiri) yang pada saat lalu menggunakan script-script lain untuk mengatasi kekurangan Blogger ini. Tentu saja dengan fitur ini akan mengurangi beban penggunaan script yang selama ini sudah membebani halaman blog kita. Jangan khawatirkan feed dari posting kita. Penambahan fitur ini tidak mengubah akan berpengaruh pada kemunculan feed blog kita.

Dan tentu saja satu hal yang bisa kita lihat adalah bagaimana Tim Blogger telah mendengarkan feedback dari kita. Lagipula Jump Break! hanyalah satu dari sekian fitur baru yang Blogger sediakan atas hari jadinya yang ke-10 tahun ini. Blogger, Terimakasih.

Ditulis sebagai pengingat untuk saya, dan yang menginginkan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2012. pustaka blog - Posts · Comments
Powered by Blogger